Kotak Dialog Page Setup
Langkah untuk membuka kotak dialog Page setup dapat dilakukan dengan memilih salah satu dari cara-cara berikut:
- Klik panah kecil (Dialog Box) di pojok kanan bawah pada Group Page Setup yang ada pada Ribbon tab Page Layout
- Gunakan perpaduan tombol keyboard dengan menekan tombol Alt, kemudian tombol P, kemudian tombol S dan P (Alt -> P -> SP)
Berikut tampilan jendela (dialog box) Page Setup.
Setelah dialog box Page Setup terbuka, maka di dalamnya terdapat 3 tab (Margin, Paper dan Layout).
Tab Margin
Tab Margin terdiri dari:Group Margin
Pada group Margin ini silahkan pilih Top untuk mengatur batas atas teks dengan tepi kertas, Bottom untuk mengatur batas bawah, Left untuk mengatur batas tepi kiri, dan Right untuk mengatur batas tepi kanan. Adapun pilihan Gutter dan Gutter Position sangat jarang digunakan. Pengaturan batas kertas dapat dilakukan dengan memanfaatkan tombol tombol updown atau dapat juga dengan mengetik langsung berapa batas kertas yang diinginkan pada area yang tersedia.Group Orientation
Pada group ini kita dapat mengatur posisi halaman dokumen, apakah potrait (berdiri) ataukah landscape (roboh).Group Pages
Dalam group Pages tersedia pilihan Multiple pages silahkan atur sesuai kebutuhan. Apakah pilih Normal (halaman biasa), Mirror margin (halaman seperti cermin), 2 pages per sheet (dua halaman dalam satu lembar) ataukah memilih Book fold (halaman untuk buku yang dilipat).
Tab Paper
Dalam tab ini terdapat group Paper size, group Paper source, dan tombol Print Options.
Group Paper size
Dalam group ini kita dapat mengatur jenis atau ukuran kertas yang akan digunakan. Hampir sama dengan group Margin pengaturan kertas dapat dilakukan dengan memanfaatkan tombol popup ataupun tombol updown dan bisa juga dengan mengetik langsung berapa ukuran kertas yang diinginkan.
Group Paper source
Tombol Print Options
Tab Layout
Group Section
Dalam group Section terdapat pilihan Section start lengkap dengan tombol Popupnya, yang berfungsi untuk memilih pemberlakuan pengaturan layout dokumen yang dikerjakan.Group Header and footers
Dalam group ini silahkan ceklis kotak Different odd and even jika ingin membuat header dan footer dengan pengaturan yang berbeda antara halaman genap dan halaman ganjil, ceklis juga kotak Different firs page jika ingin membuat header dan footer dengan pengaturan yang berbeda pada halaman pertama. Pada pilihan From edge isilah jarak Header dan Footer dari tepi kertas/halaman kerja.Group Page
Tentukan Vertical alignment (perataan vertikal). Pilih salah satu: Top (perataan atas), Center (perataan dari tengah), Justified (perataan atas bawah), Bottom (perataan bawah)Tombol Line Number
Tombol ini berfungsi untuk menambahkan nomor baris pada setiap baris yang dibuat.Tombol Border
Tombol Border berfungsi untuk memunculkan kotak dialog Border and Shading.Selain group-group dan tombol-tombol yang telah dibahas di atas, masih terdapat beberapa group dan tombol yang selalu muncul pada setiap Tab (tab Margin, tab Paper maupun tap Layout). Group dan tombol tersebut adalah sebagai berikut:
Group Preview
Group ini berfungsi menampilkan hasil pengaturan halaman.Pilihan Apply to:
Apply to ini dilengkapi dengan dengan tombol popup yang berisi:
- This section, berfungsi untuk memberlakukan/menerapkan pengaturan yang telah dibuat hanya pada bagian yang halamannya tampak.
- This point forward, berfungsi untuk memberlakukan/menerapkan pengaturan yang telah dibuat pada bagian yang halamannya tampak dan bagian seterusnya.
- Whole document, berfungsi untuk memberlakukan/menerapkan pengaturan yang telah dibuat pada seluruh bagian dokumen yang ada.
Tombol Set As Default
Tombol ini berfungsi untuk membuat pengaturan yang telah dilakukan menjadi pengaturan default/baku, sehingga apa bila kita membuat dokumen baru yang pengaturannya sama maka pengaturan saat ini langsung berlaku tanpa harus mengaturnya dari awal.Hal terpenting yang harus dilakukan ketika telah selesai melakukan pengaturan halaman (Page Setup) adalah menekan/mengklik tombol OKDengan mengklik tombol OK berarti kita telah mengiyakan semua pengaturan yang telah kita lakukan, selain tombol OK kita juga dapat menekan tombol Enter di keyboard.
Bika kita ingin membatalkan pengaturan yang telah dilakukan maka kita dapat mengklik tombol Cancel atau mengklik tanda X berwarna merah yang ada di pojok kanan atas kotak dialog Page Setup atau dengan menekan tombol Esc di keyboard.
2. menuliskan dan memformat teks maupun paragraf pada ms.word , pemformatan karakter teks, perataan paragraf, pengaturan spasi baris paragraf
Pengetikan teks dimulai dari titik sisip (titik iterasi). Titik sisip dapat dilihat dari garis hitam yang berkedip di dalam halaman dokumen. Dalam mengetikkan teks, penekanan tombol Enter pada keyboard akan membuat paragraf baru.
Untuk membuat hasil yang maksimal, maka diperlukan pemformatan karakter, seperti menentukan jenis huruf, tipe huruf, ukuran huruf, de-el-el.
Pemformatan karakter dapat diterapkan sebelum ataupun sesudah pengetikan.
Klik menu Format -> Font untuk melakukan pemformatan sehingga muncul kotak dialog Font seperti berikut :
Klik menu Format -> Font untuk melakukan pemformatan sehingga muncul kotak dialog Font seperti berikut :
keterangan :
• Font: untuk menentukan jenis huruf yang digunakan.
• Font Style: menentukan tipe huruf, yaitu Regular (biasa), Italic (miring), Bold (tebal), dan Bold Italic (tebal dan miring).
• Size: menentukan ukuran huruf.
• Font Color: menentukan warna huruf.
• Effects: untuk membuat efek-efek yang akan diterapkan pada teks.
• Preview: menampilkan contoh hasil pengaturan format teks.
• Font: untuk menentukan jenis huruf yang digunakan.
• Font Style: menentukan tipe huruf, yaitu Regular (biasa), Italic (miring), Bold (tebal), dan Bold Italic (tebal dan miring).
• Size: menentukan ukuran huruf.
• Font Color: menentukan warna huruf.
• Effects: untuk membuat efek-efek yang akan diterapkan pada teks.
• Preview: menampilkan contoh hasil pengaturan format teks.
Selain pemformatan huruf, juga ada pengaturan paragraf. Perataan paragraf ada empat macam, yaitu rata kiri, rata tengah, rata kanan, dan rata kiri kanan.
Contoh penggunaan perataan paragraf:
• Rata kiri
• Rata tengah
• Rata kanan
• Rata kiri kanan (justified)
• Rata kiri
• Rata tengah
• Rata kanan
• Rata kiri kanan (justified)
Pengaturan spasi baris adalah pengaturan jarak antar baris di dalam paragraf. Pengaturan ini dapat dilakukan dengan tombol Line Spacing.
Contoh penggunaan line spacing single dan line spacing double
Menyisipkan tabulasi juga sering digunakan dalam membuat dokumen. Contoh penggunaannya seperti :
Cara paling mudah dalam menggunakan tabulasi adalah dengan memposisikan pointer pada Ruler kemudian klik pointer sehingga muncul simbol tabulasi. Untuk menghapus tabulasi, seret simbol tabulasi keluar Ruler. Ada lima alignment yang dapat dipilih, yaitu Left, Center, Right, Decimal dan Bar.
• •
• •
• •
• •
• •
• mukaddiman
• mengenal microsoft word
• membuat, menyimpan, menutup dan membuka dokumen
• membuat, menyimpan, menutup dan membuka dokumen 2
• menulis dan memformat text serta paragraph
• mengedit text
• menggunakan table
• menyisipkan objek
• mencetak alias print out
• mengenal microsoft word
• membuat, menyimpan, menutup dan membuka dokumen
• membuat, menyimpan, menutup dan membuka dokumen 2
• menulis dan memformat text serta paragraph
• mengedit text
• menggunakan table
• menyisipkan objek
• mencetak alias print out
3. mengedit teks pada ms.word,memilih karakter,kata,baris dan paragraf,menghapus karakter,menggunakan perintah copy,cut dan paste, menggunakan perintah undo dan redo
A. Fungsi fitur Copy
Copy atau yang dalam bahasa indonesianya salin ialah digunakan untuk menjiplak sebuah kata, tabel, paragraf, gambar, dan object lainnya dalam bentuk apa pun.
Langkah – langkah yang mampu anda lakukan untuk mengkopy ialah sebagai berikut:
1. Pertama tentukan kata, kalimat ataupun objek lainnya yang akan diCopy
2. Selanjutya Pilih menu Home =>Clipboard => Copy pada menu Ribbon.
3. Kemudian tekan kombinasi tombol CTRL+C pada keyboard.
4. Lalu klik kanan pada objek yang akan di-copy lalu pilih/klik menu Copy.
Hasil dari perintah Copy tersebut mampu di gunakan untuk sebanyak – banyaknya tanpa ada batas ke document lain “unlimitid”.
B. Fungsi fitur Cut
Cut digunakan untuk menghapus kata, paragraf, kelompok kata, tabel, gambar, dan object apapun dan objek tersebut akan dipindahkan ke daerah lain.
Langkah – langkah yang mampu anda lakukan untuk mengCut ialah sebagai berikut :
1. Pertama pilih kata atau kalimat ataupun objek lainnya yang ingin anda Cut
2. Setelah itu Pilih menu Home => Clipboard => Cut pada menu Ribbon.
3. Lalu tekanlah kombinasi antara tombol CTRL + X pada keyboard.
4. Klik kanan pada objek yang akan di-Cut lalu pilih/klik menu Cut.
C. Fungsi fitur Paste
Paste ialah menu yang digunakan untuk menempelkan kata, paragraf, kelompok kata, tabel, gambar, dan object apapun yang sebelumnya telah di Copy atau di Cut.
Langkah – langkah untuk memPaste ialah sebagai berikut :
1. Pertama letakkan kesor ditempat dimana, kalimat ataupun objek lainnya akan diletakkan atau dipastekan.
2. Setelah itu Pilih menu Home => Clipboard => Paste pada menu Ribbon.
3. Atau mampu juga dengan menekan kombinasi tombol CTRL + V pada keyboard.
4. Dan yang terakhir dengan Klik kanan pada objek yang akan di-Paste lalu pilih/ klik menu Paste.
D. Fungsi fitur Redo
Redo ialah kebalikan dari undo atau cara untuk mengulang perintah yang sudah dibatalan sebelumnya.
Langkah – langkah untuk mengRedo sebuah perintah
1. Menekan kunci kombinasi Ctrl+Y pada keyboard.
2. Di sebelah kanan toolbar undo terdapat icon redo
E. Fungsi fitur Undo
Undo ialah menu yang berisi perintah untuk membatalkan suatu perintah yang sudah dilakukan sebelumnya.
Langkah – langkah untuk melaksanakan Undo ialah sebagai berikut
1. Dengan menekan kombinasi Ctrl + Z pada keyboard.
2. Pada menu toolbar terdapat icon Undo yang digambarkan dengan rotasi 90 derajat ke kiri.
4. menggunakan penomeran dan penandaan pada ms.word,fasilitas bullet, fasilitas numbering
Pengertian Bullets and Numbering
Apa itu Bullet and Numbering?
Bullets and Numbering merupakan fasilitas yang disediakan oleh program Microsoft Word. Gunanya untuk membuat daftar, baik itu berupa nomor maupun berupa symbol. Bullets adalah tanda yang dipakai untuk memberikan gambar atau lambing tertentu pada daftar tulisan yang terdapat dalam satu alinea (paragraph).
Numbering adalah tanda berupa angka yang diberikan pada daftar tulisan yang terdapat dalam satu alinea.
Untukmengaktifkan Bullets and Numbering bisa dijumpai di tab menu home dengan tanda symbol sendiri - sendiri menurut kelompoknya, misalnya bullet, numbering.
Menggunakan Bullets and Numbering
Cara menggunakan bullets and numbering akan saya jelaskan di bawah ini.
1. Bullets: Untuk membuat penomoran berbentuk symbol atau gambar
bullets pada microsoft word
Blok atau tandai bagian naskah yang ingin dibuat Bullets.
Klik tab Home kemudian klik icon bullet
Untuk memilih jenis bullet klik tanda panah ke bawah, klik bullet yang anda harapkan.
Selain itu juga bisa memilih alternatif Bulleted yang lain dengan mengklik Define New Bullet.
Klik Character, lalu pilih jenis Bulleted yang Anda inginkan.
Setelah selesai klik OK
2. Numbered: untuk membuat penomoran berbentuk angka atau alfabet
numering pada microsoft wor
Blok atau tandai bagian naskah yang ingin dibuat numbered.
Klik tab Home klik icon numbered
Untuk memilih jenis bullet angka, klik tanda panah ke bawah, klik bullet angka yang anda harapkan.
Selain itu juga bisa memilih alternatif Bulleted angka yang lain dengan mengklik Define New Number Format.
Klik Character, lalu pilih jenis Bulleted angka yang Anda inginkan.
Klik OK
5. menggunakan tabel ms.word
Langkah membuat tabel di Microsoft Word?
Berikut ini caranya:
- Pilih teks yang akan diubah menjadi tabel. Gambar di bawah ini adalah contohnya.
- Buka tab Insert, kemudian klik “Table”.
- Pilih “Convert Text to Table” dari menu drop-down.
- Selanjutnya, akan muncul sebuah kotak dialog. Pilih salah satu opsi pada bagian “Separate text at”. ...
- Klik OK.
6. menyisipkan objek pada ms.word, menyisipkan gambar, menyisipkan objek autushapes, menyisipkan simbol, menyisipkan diagram,menyisipkan wordart, menyisipkan nomer halaman,menyisipkan header dan footer, menyidipksn background dan watermark,menyisipkan border, shading dan drop caps.
Menampilkan hasil untuk menyisipkan objek pada ms.word, menyisipkan gambar, menyisipkan objek autoshapes, menyisipkan simbol, menyisipkan diagram,menyisipkan wordart, menyisipkan nomer halaman,menyisipkan header dan footer, menyidipksn background dan watermark,menyisipkan border, shading dan drop caps.
Atau telusuri menyisipkan objek pada ms.word, menyisipkan gambar, menyisipkan objek autushapes, menyisipkan simbol, menyisipkan diagram,menyisipkan wordart, menyisipkan nomer halaman,menyisipkan header dan footer, menyidipksn background dan watermark,menyisipkan border, shading dan drop caps.
Atau telusuri menyisipkan objek pada ms.word, menyisipkan gambar, menyisipkan objek autushapes, menyisipkan simbol, menyisipkan diagram,menyisipkan wordart, menyisipkan nomer halaman,menyisipkan header dan footer, menyidipksn background dan watermark,menyisipkan border, shading dan drop caps.
Hasil Telusur
Hasil web
7. membuat kolom pada ms.word, membuat daftar isi pada mw.word
Cara Membuat Daftar Isi Otomatis
Untuk membuat daftar isi yang mudah diupdate, Anda bisa melakukannya dengan memilih heading styles ke text yang ingin Anda sertakan di daftar isi. Setelah itu, Word akan secara otomatis membangun daftar isi Anda dari berbagai heading yang ada di dokumen Anda.
Terapkan Heading Styles
Pilih teks yang Anda ingin masukkan ke dalam daftar isi, kemudian di tab Home, piilh heading style, misalnya Heading 1.
Lakukan ini untuk setiap text yang ingin Anda masukkan ke dalam daftar isi. Misalnya, jika Anda menulis sebuah buku, Anda bisa menggunakan Heading 1 untuk setiap judul bab di buku Anda.
Masukkan Daftar Isi ke Dokumen
Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Word menggunakan heading di dokumen Anda untuk membangun daftar isi otomatis yang bisa di update langsung saat Anda mengubah heading text, sequence, atau level.
- Klik dimana Anda ingin memasukkan daftar isi Anda
- Klik References > Table of Contents , kemudian pilih salah satu style dari list Automatic Table of Contents yang tersedia.
8. mencetak pada ms.word
Cara Print Halaman Tertentu di Microsoft Word
- Silahkan buka dokumen Microsoft Word
- Kemudian tempatkan kursor pada halaman yang ingin di print
- Lalu pilih menu file >> pilih print atau tekan tombol Ctrl+P untuk masuk menu print.
- Jika sudah terbuka silahkan ke menu setting dokument pilih “Print Current Page” (contoh: saya ingin cetak halaman 3/page 3)
- Terakhir klik tombol printer untuk mulai mencetak.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar